Selamat Datang di Electronics. Blog ini menjelaskan tentang Komponen Elektronika, Elektronika Analog, dan Elektronika Digital.

Wednesday, February 15, 2012

UAV PESAWAT TERCANGGIH MASA KINI

UAV (Unmanned Aerial Vehicle) adalah pesawat masa kini dilengkapi dengan teknologi modern yang dalam penerbangannya tidak menggunakan pilot atau sering disebut dengan pesawat autopilot. Awal dari pembuatan pesawat ini adalah perang. Dengan menggunakan pesawat UAV, kematian pilot dalam peperangan bisa di minimalisasikan. Pesawat UAV sering digunakan sebagai pesawat mata - mata dan pesawat pengebom.

Pesawat UAV merupakan perkembangan dari pesawat aeromodeling. Secara umum perbedaan pesawat Aeromodeling dan Pesawat UAV terdapat pada sistem kontrolnya. Pesawat Aeromodeling masih dikontrol secara manual sedangkan pesawat UAV sudah dikontrol secara otomatis menggunakan suatu algoritma penerbangan. secara umum bagian - bagian dari UAV sebagai berikut ;

  1. Sensor
  2. Perangkat antar muka (interface), biasanya menggunakan GCS
  3. Autopilot
  4. Algoritma penerbangan
  5. Airframe
  6. Power
  7. Kamera
  8. Telemetri
  9. Dll
Sensor pada pesawat uav sangatlah banyak, seperti ; Gyro dan Kompas, GPS, dll. Penggunaan interface sangatlah penting dimana antar pesawat dengan komputer harus terhubung. Perangkat Autopilot pada pesawat uav berfungsi sebagai pilot pesawat tersebut. Kinerja perangkat Autopilot didukung oleh onboard komputer dan os. Semua source code tertanam pada onboard komputer dan Interface.  
 Gambar Bagian Interface Pesawat UAV

Algortima penerbangan berfungsi menjaga kestabilan terbang pesawat. Selain itu ada juga perintah-perintah terbang yg diinginkan seperti arah terbang, kecepatan terbang, ketinggian terbang, dan rute penerbangan yang dibentuk oleh waypoints (tititk penerbangan),dll.   Untuk menjaga keseimbangan pesawat agar pesawat tersebut terbang secara mulus digunakan metode PID (Propotional Integrated Deferencial. Konsep PID merupakan konsep paling dasar dalam mengatur kemulusan terbang pesawat.

Gambar Room Control UAV

Pada masa kini banyak mahasiswa indonesia terutama yang kuliah bagian elektro atau mekatronika mengambil UAV sebagai judul skripsinya. Yang pastinya ada batasan - batasan masalah dalam pengambilan kata UAV dalam judul skripsi tersebut. Ada beberapa link yang bisa saya bagikan untuk teman2 yang mau mempelajari UAV lebih lanjut silahkan download di bawah ini;
  1. Unmanned Air Systems UAV Design Development and Deployment

    --> http://www.mediafire.com/?h0n1fxp6d6q5n7n
  2. Advances in Aerospace Guidance Navigation and Control 

    --> http://www.mediafire.com/?7i7baa7dap2k2l6
  3. Selected papers from the 2nd International Symposium on UAVs Reno USA June, 8-10-2009

    --> http://www.mediafire.com/?7sndk3a56pfn8ba
  4. Guidance of Unmanned Aerial Vehicles

    --> http://www.mediafire.com/?7444jbjzu7d6b7a

1 comment:

  1. mas bisa minta file yg diatas g?soalnya g bisa di download...
    ato mungkin linknya bisa diperbaiki..terimakasih :)

    ReplyDelete