Selamat Datang di Electronics. Blog ini menjelaskan tentang Komponen Elektronika, Elektronika Analog, dan Elektronika Digital.

Thursday, October 28, 2010

PIR (Passive Infrared Receiver)

SENSOR GERAK
===========================================

Sensor gerak merupakan suatu sensor yang mendeteksi apabila terjadi perubahan suatu keadaan. Dalam aplikasi kehidupan sehari-hari sensor gerak banyak di pakai salah satunya pada kamar mandi pada tempat pengisian bahan bakar. sensor gerak banyak macamnya salah satunya yaitu menggunakan CCTV dengan menggunakan metode perubahan pixel gambar selain itu ada juga PIR (Passive Infrared Receiver) yang menggunakan metode dasar perubahan suhu sekitar.

 


Diantara dua alat tersebut yang paling sering digunakan dalam industri kecil adalah PIR. karena bahan yang murah dan cara pemakaian yang tidak begitu rumit. Di dalam sensor PIR ini terdapat bagian-bagian yang mempunyai perannya masing-masing, yaitu Fresnel Lens, IR Filter, Pyroelectric sensor, amplifier, dan comparator


Mengapa sensor PIR hanya bereaksi pada tubuh manusia saja? Hal ini disebabkan karena adanya IR Filter yang menyaring panjang gelombang sinar inframerah pasif. IR Filter dimodul sensor PIR ini mampu menyaring panjang gelombang sinar inframerah pasif antara 8 sampai 14 mikrometer, sehingga panjang gelombang yang dihasilkan dari tubuh manusia yang berkisar antara 9 sampai 10 mikrometer ini saja yang dapat dideteksi oleh sensor.

No comments:

Post a Comment