Selamat Datang di Electronics. Blog ini menjelaskan tentang Komponen Elektronika, Elektronika Analog, dan Elektronika Digital.

Friday, March 23, 2012

Pembuatan Board PCB Pada Eagle

Setelah anda membuat schematik pada eagle, alangkah lebih bagusnya anda melanjutkannya  ke jenjang pembuatan boardnya. Agar hasil pekerjaan anda bisa aplikasikan ke pcb maka langkah ini penting untuk anda simak. Berdasarkan cara pembuatannya langkah – langkah pembuatan board pada eagle terbagi menjadi 2 cara yaitu ;
  1. Melanjutkan pekerjaan schematik yang sudah dilakukan dengan cara menekan command button “Board”    pada toolbar. 
  2. Membuat Board langsung dengan cara “ File --> New --> Board ”. Langkah ini digunakan bila gambar schematiknya sudah ada dan tidak perlu lagi kita membuat schematic di eagle.
Sebelum melangkah lebih jauh, alangkah lebih baik anda mengenal dulu jendela kerja board pada eagle.  

 

 

Dari command Button diatas, sebagian besar memiliki fungsi yang sama dengan command button pada jendela kerja schematik . Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa cara pembuatan board pada eagle di bagi menjadi 2 cara. Dalam artikel ini akan dijelaskan semua cara tersebut. Dimulai dari cara yang pertama yaitu ;
  1. Dimulai dengan menganggap sudah membuat schematic terlebih dahulu. Dengan mengklick command button “board” maka angkat rangkaian yang sudah dibuat tersebut di bawa ke jendela board (yang tadinya masih berada di jendela schematik).

    Setelah menekan command button board rangkaian akan di bawa ke jendela board. Apabila ada peringatan yang menyatakan “ the board C:\ Program….. Create From schematic ? ”, klick saja tombol “yes” Seperti gambar berikut ;
  2. Setelah muncul seperti gambar diatas gunakan command butto move    untuk menyusun rangkaian tersebut dalam kotak garis putih (dimana garis putih berbentuk kotak merupakan dimensi pcb).
  3. Setelah komponen disusun, langkah selanjutnya membuat router dengan menggunakan command button router atau menggunakan command auto .
  4. Setelah membuat router , langkah selanjutnya membuat dimensi pcb.
  5. Setelah dimensi pcb sudah diatur maka langkah selanjutnya yaitu menghilangkan gambar komponen sehingga yang tersisa tinggal jalurnya saja dengan menggunakan command button “Display” .



    Klick pada no 21 sampai no terakhir sehingga nomor – nomor tersebut tidak kondisi diblok.

  6. Langkah selanjutnya print hasil kerja tersebut (File --> Print ). Pastikan Black, Solid, dan Caption dalam keadaan di ceklist.
  7. Sebelum jendela kerja ditutup. Lakukanlah proses save terlebih dahulu (File --> Save).
  8. Selamat mencoba.       

3 comments:

  1. Thanks. Kalau pakai skematik itu hanya terbatas 10cm x 8cm ya? kalau tanpa skematik bisa lebih dari itu?

    ReplyDelete